fbpx

Materi Ujian SNBT, Tips Belajar, Hingga Manfaat Ikut Bimbel UTBK SBMPTN

Materi Ujian SNBT, Tips Belajar, Hingga Manfaat Ikut Bimbel UTBK SBMPTN

Sebelum mengikuti ujian masuk PTN yaitu UTBK (SNBT), tentu terdapat banyak yang harus disiapkan, salah satunya persiapan belajar dengan bimbel UTBK SBMPTN. Mengikuti bimbel untuk persiapan menuju UTBK tentu lebih efektif daripada belajar sendiri. Berbagai manfaat dapat dirasakan apabila mengikuti bimbel persiapan UTBK atau SNBT tersebut.

Tentunya persiapan menuju UTBK tak hanya berupa mempelajari soal-soal saja, terdapat berbagai persiapan lainnya yang penting untuk anda ketahui dalam rangka menuju UTBK. Namun sebelum membahas persiapan UTBK, ketahui dahulu seperti apa itu ujian UTBK (SNBT) serta berupa tes apa saja yang akan diujikan.

Tentang Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT)

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dahulu nama tes masuk PTN disebut dengan UTBK SBMPT, kini di 2023 nama tersebut sudah diganti menjadi SNBT. SNBT ini merupakan Seleksi Nasional Berbasis Tes. Namun, perbedaannya kini tak hanya pada namanya saja, terdapat beberapa perbedaan lainnya dari UTBK SBMPTN ke SNBT.

Salah satu perbedaan besar antara UTBK SBMPTN dengan SNBT 2023 ini adalah pada mata ujian atau tes nya. Yaitu mata ujian Tes Kemampuan Akademik telah dihapuskan, dan dengan dihapuskannya TKA ini, anda hanya perlu untuk mengerjakan Tes Skolastik saja. Terdapat 4 kategori pada Tes Skolastik, yakni ujian Tes Potensi Kognitif, ujian Tes Penalaran Matematika, Tes Literasi Bahasa Indonesia dan juga Tes Literasi Bahasa Inggris.

Meskipun kesannya mudah hanya tes skolastik biasa, jangan sampai anda anda meremehkan tes ini. Karena pada dasarnya, level pemahaman yang akan diuji pada SNBT atau UTBK ini bisa sangat berbeda dari level pemahaman yang diuji di sekolah. Sehingga anda perlu tetap mempersiapkan dengan sangat matang. Teruslah asah pemahaman anda dan pelajari banyak gambaran berbagai soal UTBK terbaru, bisa dengan melalui buku, melalui internet, dan mengikuti bimbel UTBK.

Bimbel sendiri tidak hanya secara offline atau tatap muka langsung. Sekarang ini juga telah ada banyak bimbel online UTBK yang mudah untuk diakses dan dengan harga yang terjangkau.

Materi pada Ujian SNBT 2023

  1. Tes Potensi Kognitif

Sebagai gambaran saja, dalam tes ini kemampuan anda untuk berpikir logis dan bernalar akan diuji. Jenis-jenis soal yang diujikan pada tes ini bisa jadi bervariasi, sehingga anda harus ekstra teliti. Sebelumnya di sekolah jarang sekali terdapat pelajaran seperti ini. Pastikan logika anda terus terlatih dan terasah.

  1. Tes Penalaran Matematika

Seperti yang telah diketahui, terdapat pula Tes Penalaran Matematika pada materi UTBK atau SNBT. Adapun yang diujikan tentu tidak sama dengan yang dipelajari di sekolah yang mana jika di sekolah lebih fokus pada rumus-rumus. Pada tes ini yang diuji adalah tentang bagaimana pemahaman anda untuk dapat menerapkan atau mengaplikasikan materi matematika yang telah anda pelajari ke dalam banyak kasus yang akrab di kehidupan sehari-hari.

  1. Tes Literasi Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris

Tes Literasi Bahasa baik bahasa Inggris maupun Indonesia juga berbeda dengan banyak dijumpai yang biasanya hanya fokus pada hafalan grammar atau majas saja. Di dalam tes ini yang diuji adalah kemampuan terkait pemahaman bacaan. Jadi, anda harus betul-betul dapat memahami teks soalnya, misal ide pokok pada teks tersebut, informasi yang ada maupun yang tidak ada, dan lain-lain.

Tips Belajar untuk SNBT (UTBK)

  1. Mengikuti Try Out SNBT 

Mengikuti tryout UTBK atau SNBT ini penting sekali untuk dapat mengetahui kemampuan pemahaman awal anda sebelum mengerjakan soal-soal. Dengan mengikuti latihan tryout, anda akan tahu kemampuan pemahaman anda telah sampai dimana.

  1. Mengevaluasi Kesiapan Anda

Sudah memiliki bayangan kira-kira soal seperti apa yang akan dihadapi? Maka evaluasilah kesiapan anda. Ini dapat membantu anda untuk mengetahui seberapa siap anda untuk mengerjakan soal-soal SNBT.

  1. Elaborasikan Materi Tes SNBT

Setelah evaluasi tes try out, selanjutnya adalah mengelaborasikan seluruh bahan materi yang perlu untuk dipelajari. Maksudnya adalah mengupas tuntas seberapa banyak bahan materi SNBT itu. Pahami dengan baik apa saja cakupan bahan materi yang betul-betul perlu dipelajari.

  1. Membuat Jadwal Belajar

Tak kalah penting yaitu membuat jadwal review materi untuk dipelajari. Hal ini supaya belajar dapat lebih teratur dan juga efektif, sehingga tak membuang-buang waktu dan tenaga yang dimiliki. Belajar menjadi lebih disiplin dan tertata. Kemudian gunakanlah metode belajar yang efektif dan tepat untuk anda.

  1. Mencoba Lagi Ujian Try Out SNBT

Setelah anda merasa telah memahami dan betul-betul menguasai berbagai materi SNBT, anda boleh mencoba mengerjakan try out SNBT lagi. Mengapa harus mengerjakan Ujian Simulasi UTBK berupa try out ini lagi? Karena ini penting sekali untuk dapat melihat kemajuan yang telah anda raih setelah tadi melakukan evaluasi, elaborasi dan juga review materi. JIka langkah-langkah sebelumnya tersebut telah sesuai, maka tentu anda akan merasa lebih mudah dalam mengerjakan soal try out kali ini dibanding saat anda mengerjakan try out yang pertama.

Ingin lebih maksimal dalam menghadapi SNBT? Sebaiknya anda mengikuti bimbel UTBK SBMPTN. Dikarenakan biasanya pada tempat bimbel tersebut telah lengkap disediakan berbagai bahan materi untuk menghadapi SNBT/UTBK, simulasi soal-soal, dll. Selain itu ada beragam manfaat lainnya juga.

Manfaat atau Pentingnya Mengikuti Bimbel untuk Menghadapi SNBT

Dengan mengikuti bimbel UTBK, anda akan mendapat berbagai bahan materi yang diperlukan dengan lengkap. Pengajar bimbel tersebut dapat mengarahkan anda materi apa saja yang sering muncul di soal-soal UTBK.

Apalagi nantinya anda juga mungkin akan diberi bonus tips dan trik menyelesaikan soal dengan cepat. Berikut ini manfaat lainnya mengikuti bimbel UTBK atau SNBT yang perlu anda ketahui.

  1. Mentor yang Berpengalaman

Untuk lebih maksimal dalam menghadapi ujian SNBT atau UTBK, anda perlu mengikuti bimbingan belajar UTBK karena mempunyai mentor-mentor yang berpengalaman di bidangnya.Tak hanya menjadi fasilitator untuk anda saja, mentor juga dapat menjadi teman diskusi bersama saat anda kesulitan belajar SNBT.

Misalnya jika anda merasa kesulitan mengerjakan latihan soal UTBK, mentor di bimbel akan siap membantu dan mengajak anda berdiskusi bersama. Ini akan sangat mendukung anda untuk dapat lebih maksimal dalam proses belajar.

  1. Mendapatkan Strategi dalam Mengerjakan Soal

Ketika anda mengikuti bimbel, tentu pihak bimbel tersebut memiliki strategi tersendiri supaya anda dapat menyelesaikan soal-soal UTBK dengan baik. Ketika menerapkan strategi yang tepat, anda akan terbantu sekali untuk dapat menyelesaikan soal-soal di paket UTBK tersebut.

  1. Lebih Mendalami Materi dengan Baik

Bimbel dapat membantu anda untuk mendalami materi dengan baik, sehingga memudahkan anda yang kesulitan belajar sendiri. Bahkan materi-materi yang diberikan dari mentor bisa jadi berpeluang besar muncul pada soal-soal SNBT.

Dengan mengikuti bimbel, persiapan anda juga bisa lebih matang daripada belajar sendiri. Sehingga karena persiapan anda sudah sangat matang, anda akan merasa lebih percaya diri menghadapi SNBT. Itulah berbagai manfaat atau kelebihan mengikuti bimbel UTBK SBMPTN, tips belajar menghadapi SNBT, serta tes apa saja yang diujikan pada SNBT, selamat belajar!

Leave a Comment

Open chat
Halo , saya butuh informasi lebih dari Materi Ujian SNBT, Tips Belajar, Hingga Manfaat Ikut Bimbel UTBK SBMPTN halaman https://www.brister.co.id/2023/08/04/materi-ujian-snbt-tips-belajar-hingga-manfaat-ikut-bimbel-utbk-sbmptn