fbpx

5 Trik Persiapan UTBK Agar Lolos Kampus Favorit

5 Trik Persiapan UTBK Agar Lolos Kampus Favorit

Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang sekarang berubah menjadi Seleksi Nasional Berbasis Komputer (SNBT) menjadi hal yang ditunggu-tunggu oleh siswa lulusan SMA tahun ini. Selain karena memang kuota mahasiswa yang diterima paling banyak, SNBT juga dijadikan sebagai ajang pembuktian diri. Berikut lima trik persiapan UTBK agar lolos kampus favorit!

  1. Kenali Potensi Diri

Hal pertama yang perlu dipersiapkan yaitu kondisi mental diri sendiri. Cari potensi yang ada dalam diri dan kembangkan agar optimal. Mungkin harus dipaksakan beberapa kali agar terbentuk, namun setelah terbentuk, mental dan potensi diri akan muncul dengan sendirinya.

Potensi diri nantinya akan berpengaruh ke jurusan apa yang akan diambil. Pastikan pilihan Anda sudah matang dan memiliki alasan yang logis mengapa memilih jurusan tertentu, Anda bisa berdiskusi dengan orang tua, keluarga, sahabat, dan teman terdekat untuk sekedar mendengarkan saran.

  1. Buat Jadwal Belajar

Setelah mengenali potensi diri, buatlah jadwal belajar yang detail. Jabarkan setiap poin kegiatan Anda setiap harinya. Misalnya jadwal belajar tentang materi tertentu, perlu dicantumkan dengan detail terkait poin-poin apa saja yang akan dipelajari.

  1. Disiplin dan Konsisten

Trik persiapan UTBK selanjutnya yaitu disiplin dan konsisten yang dimulai dari diri sendiri. Tentu kedua hal ini tidak bisa berjalan dengan mudah kecuali jika ada kesadaran dalam diri. Anda harus bertekad kuat dan berpegang teguh pada pendirian untuk melaksanakan jadwal belajar yang teratur.

Kedisiplinan dapat dimulai dengan mengulang materi pembelajaran kelas 10 dan kelas 11 SMA. Pastikan Anda mencatat bagian penting dan memperdalam setiap poin-poinnya. Konsisten juga dapat dimulai dari hal-hal kecil semacam belajar secara rutin dalam beberapa waktu tertentu. Jika kedua hal tersebut dijalankan dengan niat, tentu hasilnya tidak akan mengkhianati.

  1. Lakukan Tryout Secara Rutin

Tryout dilakukan dengan tujuan untuk mengukur tingkat pemahaman materi dan kesiapan ujian. Tryout perlu dipraktikkan untuk merasakan pengalaman mengikuti UTBK yang sebenarnya. Ibarat kata, tryout memberikan kesempatan untuk tes ombak.

Pastikan Anda rajin mengikuti tryout untuk melatih mental saat mengikuti UTBK. Tryout juga tidak akan cukup jika hanya dilakukan sekali, perlu latihan dan praktik yang berulang untuk hasil yang maksimal. Anda juga bisa mengikuti bimbel UTBK SBMPTN yang umumnya terdapat tryout secara rutin.

  1. Jangan Lupa Beristirahat

Di sela-sela belajar, usahakan Anda tetap menjaga kesehatan tubuh dengan beristirahat yang cukup. Jangan memaksakan otak terlalu banyak bekerja dengan keras agar tidak kelelahan. Ingat! Belajar itu perlu namun juga perlu waktu untuk memberi jeda agar kualitas belajar tetap efektif.

Itulah kelima trik persiapan UTBK agar lolos kampus favorit. Selain usaha, Anda tetap perlu berdoa dan memohon restu orang tua agar dimudahkan. Jadilah orang yang berintelektual yang tetap menjunjung tinggi kejujuran.

Leave a Comment

Open chat
Halo , saya butuh informasi lebih dari 5 Trik Persiapan UTBK Agar Lolos Kampus Favorit halaman https://www.brister.co.id/2023/08/04/5-trik-persiapan-utbk-agar-lolos-kampus-favorit